Sejarah dan Hubungan Etnis

Sambungan dari : Indonesia, Negara dan Budaya: 
Munculnya Bangsa. Meskipun Republik Indonesia baru berusia lima puluh tahun, masyarakat Indonesia memiliki sejarah panjang di mana budaya lokal dan lebih luas dibentuk.

Sekitar 200 CE, negara-negara kecil yang sangat dipengaruhi oleh peradaban India mulai berkembang di Asia Tenggara, terutama di muara sungai besar. Para 500-1000 tahun ke depan melihat negara besar timbul dengan arsitektur yang megah. Hindu dan Budha, sistem penulisan, gagasan kerajaan ilahi, dan sistem hukum dari India yang disesuaikan dengan adegan lokal. Istilah Sansekerta yang masuk banyak dari bahasa Indonesia. Hindu dipengaruhi budaya di seluruh Asia Tenggara, tetapi hanya satu orang Hindu, orang Bali.

Negara terindianisasi menurun sekitar 1400 CE dengan kedatangan pedagang dan guru dari India, Yaman, dan Persia Muslim, dan kemudian Eropa dari Portugal, Spanyol, Belanda, dan Inggris. Semua datang untuk bergabung dengan perdagangan besar dengan India dan China. Selama dua abad berikutnya princedoms lokal diperdagangkan, sekutu, dan berperang melawan Eropa, dan Belanda East India Company menjadi sebuah negara kecil terlibat dalam pertempuran lokal dan aliansi untuk mengamankan perdagangan. Belanda East India Company adalah kuat sampai 1799 ketika perusahaan tersebut bangkrut. Pada abad kesembilan belas Belanda membentuk pemerintah Hindia Belanda, yang mengembangkan aliansi dengan penguasa di Nusantara. Hanya pada awal abad kedua puluh itu pemerintah Hindia Belanda memperluas kewenangannya dengan cara militer kepada semua yang hadir Indonesia.

Sporadis pemberontakan abad kesembilan belas terhadap praktek-praktek Belanda terjadi terutama di Jawa, tapi itu di awal abad kedua puluh bahwa para pemimpin intelektual dan agama Indonesia mulai mencari kemerdekaan nasional. Pada tahun 1942 Jepang menduduki Hindia, mengalahkan tentara kolonial dan memenjarakan Belanda dalam kondisi yang keras.

Pada 17 Agustus 1945, menyusul kekalahan Jepang dalam Perang Dunia II, kaum nasionalis Indonesia yang dipimpin oleh Soekarno dan Mohammad Hatta memproklamasikan kemerdekaan Indonesia. Belanda tidak menerima dan selama lima tahun berjuang republik baru, terutama di pulau Jawa. Kemerdekaan Indonesia didirikan pada tahun 1950.

Ukuran Identitas Nasional. Indonesia dan etnis keragaman telah membuat identitas nasional bermasalah dan diperdebatkan. Identitas didefinisikan di berbagai tingkatan: dengan kewarganegaraan Indonesia, dengan pengakuan bendera, lagu kebangsaan, dan lagu tertentu lainnya, dengan pengakuan libur nasional, dan dengan pendidikan tentang sejarah Indonesia dan Pancasila yang negara berlandaskan. Sebagian besar ini ditanamkan melalui sekolah dan media, yang keduanya telah erat diatur oleh pemerintah selama sebagian besar tahun kemerdekaan. Sejarah bangsa telah berfokus pada perlawanan terhadap kolonialisme dan komunisme oleh pahlawan nasional dan pemimpin yang diabadikan dalam nama jalan. Glories peradaban masa lalu diakui, meskipun sisa-sisa arkeologi terutama dari kerajaan Jawa.

Hubungan etnis. Hubungan etnis di Nusantara telah lama menjadi perhatian. Pemimpin Indonesia mengakui kemungkinan separatisme etnis dan regional dari awal republik. Perang dilancarkan oleh pemerintah pusat terhadap separatisme di Aceh, bagian lain dari Sumatera, dan Sulawesi pada 1950-an dan awal 1960-an, dan bangsa diselenggarakan bersama oleh kekuatan militer.

Hubungan antara pribumi dan Cina di luar negeri telah sangat dipengaruhi oleh Belanda dan kebijakan pemerintah Indonesia. Jumlah Cina sekitar empat sampai enam juta atau 3 persen dari populasi, tetapi dikatakan untuk mengontrol sebanyak 60 persen dari kekayaan bangsa. Orang Cina diperdagangkan dan tinggal di pulau-pulau selama berabad-abad, tetapi dalam abad kesembilan belas Belanda membawa lebih banyak dari mereka untuk bekerja di perkebunan atau pertambangan. Belanda juga mendirikan sistem stratifikasi sosial, ekonomi, dan hukum yang memisahkan Eropa, Asiatik asing dan Indo-Eropa, dan penduduk asli Indonesia, sebagian untuk melindungi pribumi sehingga lahan mereka tidak bisa kalah luar. Orang Cina memiliki sedikit insentif untuk berasimilasi dengan masyarakat lokal, yang pada gilirannya memiliki tidak tertarik dalam menerima mereka.

Bahkan warga Cina naturalisasi menghadapi peraturan ketat, meskipun hubungan bisnis yang erat antara para pemimpin Cina dan pejabat dan birokrat Indonesia. Kekerasan periodik diarahkan orang dan properti China juga terjadi. Dalam sistem sosial kolonial, perkawinan campuran antara laki-laki Cina dan perempuan pribumi menghasilkan setengah-kasta (peranakan), yang memiliki organisasi mereka sendiri, pakaian, dan bentuk-bentuk seni, dan bahkan surat kabar. Hal yang sama juga berlaku untuk orang-orang campuran keturunan Indonesia-Eropa (disebut Indos, untuk pendek).

Kelompok etnolinguistik berada terutama di daerah yang ditetapkan di mana kebanyakan orang berbagi banyak budaya dan bahasa yang sama, terutama di daerah pedesaan. Pengecualian ditemukan di sepanjang perbatasan antara kelompok-kelompok, di tempat-tempat kelompok lain telah pindah secara sukarela atau sebagai bagian dari program transmigrasi, dan di kota-kota. Daerah tersebut sedikit di Jawa, misalnya, tetapi lebih umum di bagian Sumatera.

Perbedaan agama dan etnis mungkin terkait. Indonesia memiliki penduduk Muslim terbesar dari negara manapun di dunia, dan banyak kelompok etnis secara eksklusif Muslim. Kebijakan Belanda diperbolehkan pemurtadan oleh Protestan dan Katolik di antara kelompok-kelompok terpisah yang mengikuti agama-agama tradisional, sehingga saat ini banyak kelompok etnis secara eksklusif Protestan atau Katolik Roma. Mereka sangat diwakili antara masyarakat hulu atau dataran tinggi di Sumatera Utara, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Nusa Tenggara Timur, meskipun banyak orang Kristen juga ditemukan di Jawa dan di antara orang-orang Cina. Ketegangan muncul ketika kelompok satu agama bermigrasi ke tempat dengan agama yang mapan yang berbeda. Kekuasaan politik dan ekonomi menjadi terkait dengan kedua etnis dan agama sebagai kelompok mendukung saudara-sendiri dan pasangan etnis untuk pekerjaan dan manfaat lainnya.

Urbanisme, Arsitektur, dan Penggunaan Antariksa

Raja Jawa lama digunakan monumen dan arsitektur untuk memperbesar kemuliaan mereka, memberikan fokus fisik kerajaan duniawi mereka, dan menghubungkan diri dengan supranatural. Dalam ketujuh belas melalui abad kesembilan belas Belanda memperkuat posisi pangeran adat melalui siapa mereka memerintah dengan membangun istana megah mereka. Arsitektur istana dari waktu ke waktu dikombinasikan Hindu, Muslim, adat, dan unsur-unsur Eropa dan simbol dalam berbagai derajat tergantung pada situasi lokal, yang masih dapat dilihat dalam istana di Yogyakarta dan Surakarta di Jawa atau di Medan, Sumatera Utara.

Arsitektur kolonial Belanda gabungan unsur-unsur kekaisaran Romawi dengan adaptasi terhadap cuaca tropis dan arsitektur adat. Benteng Belanda dan bangunan awal Jakarta telah dipulihkan. Di bawah Presiden Sukarno serangkaian patung yang dibangun di sekitar Jakarta, terutama memuliakan orang-orang, kemudian, Monumen Nasional, Pembebasan Irian Barat (Papua) Monument, dan Masjid Istiqlal besar yang didirikan untuk mengungkapkan link ke masa lalu Hindu, puncak dari kemerdekaan Indonesia, dan tempat Islam di negara ini. Patung pahlawan nasional untuk ditemukan di kota-kota regional.

Arsitektur perumahan untuk kelompok sosial ekonomi perkotaan yang berbeda dibangun di atas model yang dikembangkan oleh pemerintah kolonial dan digunakan di seluruh Hindia. Ini gabungan unsur-unsur Belanda (atap genteng highpitched) dengan beranda, dapur terbuka, dan kuartal pelayan cocok untuk sistem iklim dan sosial. Kayu mendominasi dalam arsitektur perkotaan awal, tapi batu menjadi dominan pada abad kedua puluh. Daerah pemukiman tua di Jakarta, seperti Menteng dekat Hotel Indonesia, mencerminkan arsitektur perkotaan yang dikembangkan pada tahun 1920 dan 1930-an. Setelah tahun 1950, daerah pemukiman baru terus berkembang ke selatan kota, banyak dengan rumah rumit dan pusat perbelanjaan.

Mayoritas orang di berbagai kota hidup di batu kecil dan kayu atau rumah bambu di desa-desa perkotaan yang padat atau senyawa dengan akses terhadap air bersih dan pembuangan limbah yang memadai. Rumah sering erat diperas bersama-sama, khususnya di kota-kota besar Jawa. Kota-kota yang memiliki tekanan kurang dari migran pedesaan, seperti Padang di Sumatera Barat dan Manado di Sulawesi Utara, telah mampu untuk mengelola pertumbuhan mereka.

Rumah-rumah tradisional, yang dibangun dalam gaya tunggal menurut kanon adat kelompok etnis tertentu, telah penanda etnis. Rumah tersebut ada dalam berbagai tingkat kemurnian di daerah pedesaan, dan beberapa aspek dari mereka yang digunakan dalam arsitektur perkotaan seperti gedung-gedung pemerintah, bank, pasar dan rumah.

Rumah tradisional di banyak pedesaan menurun dalam jumlah. Pemerintah Belanda dan Indonesia mendorong orang untuk membangun rumah "modern", struktur persegi panjang dengan jendela. Di beberapa daerah pedesaan, namun, seperti Sumatera Barat, dikembalikan atau rumah-rumah tradisional yang baru dibangun oleh para migran kota yang berhasil untuk menampilkan keberhasilan mereka. Di daerah pedesaan orang lain menampilkan status dengan membangun rumah-rumah modern dari batu dan keramik, dengan jendela kaca yang berharga. Di kota-kota, rumah-rumah kolonial tua yang direnovasi oleh pemilik makmur yang menaruh baru front bergaya kontemporer di rumah. Kolom Romawi disukai di gedung-gedung publik Belanda yang sekarang populer untuk rumah pribadi.

Makanan dan Ekonomi

Baca lebih lanjut tentang makanan dan masakan dari Indonesia .

Makanan dalam Kehidupan harian. Masakan Indonesia mencerminkan daerah, etnis, Cina, Timur Tengah, India, dan pengaruh Barat, dan kualitas makanan sehari-hari, kuantitas, Wanita membawa keranjang buah menjulang di atas kepala mereka untuk festival kuil di Bali.

dan keanekaragaman sangat bervariasi dengan kelas sosial ekonomi, musim, dan kondisi ekologi. Beras merupakan unsur pokok di sebagian besar daerah memasak dan pusat umum masakan Indonesia. (Pegawai pemerintah menerima jatah beras bulanan selain gaji.) Lauk daging, ikan, telur, dan sayuran dan berbagai bumbu dan saus menggunakan cabai dan rempah-rempah lainnya menemani nasi. Masakan Jawa dan Bali memiliki berbagai terbesar, sedangkan Batak memiliki jauh lebih sedikit, bahkan di rumah makmur, dan ditandai oleh lebih nasi dan sedikit lauk pauk. Dan beras bukan makanan pokok di mana-mana: di Maluku dan Sulawesi bagian itu adalah sagu, dan di Timor Barat adalah jagung (jagung), dengan beras yang dikonsumsi hanya untuk acara-acara seremonial. Di antara orang Roti, gula aren merupakan dasar untuk diet.

Indonesia adalah sebuah negara kepulauan, tetapi ikan memainkan bagian yang relatif kecil dalam diet banyak orang yang tinggal di pegunungan interior, meskipun peningkatan transportasi membuat ikan asin lebih tersedia bagi mereka. Pendinginan masih jarang, pasar harian mendominasi, dan ketersediaan makanan mungkin tergantung terutama pada produk lokal. Indonesia kaya akan buah-buahan tropis, tapi banyak daerah memiliki pohon buah sedikit dan sedikit kemampuan untuk transportasi tepat waktu buah. Kota menyediakan berbagai terbesar makanan dan jenis pasar, termasuk supermarket modern, daerah pedesaan yang jauh kurang begitu. Di kota-kota, orang-orang makmur memiliki akses ke berbagai sedangkan miskin memiliki pola makan yang sangat terbatas, dengan nasi dan daging dominan jarang. Beberapa daerah miskin di pedesaan mengalami apa yang disebut orang "kelaparan biasa" setiap tahun sebelum panen jagung dan padi.

Makanan Pabean di Acara Ceremonial. Yang paling mencolok acara seremonial adalah bulan puasa Islam, Ramadhan. Walaupun umat Islam kurang jeli cepat serius dari matahari terbit hingga terbenam meskipun panas tropis. Setiap malam selama bulan Ramadhan, makanan perayaan baik diadakan. Bulan berakhir dengan Idul Fitri, hari libur nasional ketika keluarga, teman, tetangga, dan rekan kerja mengunjungi rumah masing-masing untuk berbagi memperlakukan makanan (termasuk kunjungan oleh non-Muslim untuk rumah-rumah Muslim).

Dalam ritual tradisional, makanan khusus disajikan kepada roh-roh atau meninggal dan dimakan oleh para peserta. Di mana-mana ritual Jawa, selamatan, ditandai dengan makan antara peraya dan diadakan di segala macam acara, mulai dari ritual-siklus hidup pada berkat hal baru memasuki sebuah desa. Peristiwa siklus hidup, terutama pernikahan dan pemakaman, adalah kesempatan utama untuk upacara di daerah pedesaan maupun perkotaan, dan masing-masing memiliki aspek religius dan sekuler. Pelayanan makanan rumit dan simbolisme adalah fitur dari peristiwa tersebut, namun isinya sangat bervariasi pada kelompok etnis yang berbeda. Di antara Meto Timor, misalnya, peristiwa tersebut harus memiliki daging dan beras (Sisi-Maka '), dengan laki-laki memasak mantan dan wanita yang kedua. Pemakaman rumit melibatkan minum campuran lemak babi dan darah yang bukan merupakan bagian dari makanan sehari-hari dan yang mungkin selera untuk banyak peserta yang tetap mengikuti tradisi. Pada acara tersebut, para tamu Muslim diberi makan di dapur dan meja terpisah.

Di sebagian besar wilayah Indonesia kemampuan untuk melayani makanan yang rumit untuk banyak tamu adalah tanda keramahan, kemampuan, sumber daya, dan status keluarga atau klan apakah untuk dataran tinggi Toraja kerbau di pemakaman atau untuk resepsi pernikahan Jawa di lima hotel bintang di Jakarta. Di antara beberapa orang, seperti Batak dan Toraja, bagian hewan yang disembelih untuk acara tersebut adalah hadiah penting bagi mereka yang hadir, dan bagian dari hewan yang dipilih secara simbolis menandai status penerima.

Dasar Ekonomi. Sekitar 60 persen dari populasi adalah petani yang memproduksi subsisten dan berorientasi pasar tanaman seperti padi, sayuran, buah, teh, kopi, gula, dan rempah-rempah. Perkebunan besar yang dikhususkan untuk kelapa sawit, karet, gula, dan SISEL untuk penggunaan domestik dan ekspor, meskipun di beberapa daerah pohon karet yang dimiliki dan disadap oleh petani. Hewan ternak yang umum adalah sapi, kerbau, kuda, ayam, dan, di daerah non-Muslim, babi. Kedua air tawar dan memancing laut yang penting bagi perekonomian nasional dan desa. Kayu dan kayu olahan, terutama di Kalimantan dan Sumatera, yang penting baik untuk konsumsi domestik dan ekspor, sementara minyak, gas alam, timah, tembaga, aluminium, dan emas yang dieksploitasi terutama untuk ekspor. Pada zaman kolonial, Indonesia ditandai sebagai memiliki "ekonomi ganda." Salah satu bagian yang berorientasi pada pertanian dan kerajinan kecil untuk konsumsi domestik dan sebagian besar dilakukan oleh orang Indonesia asli, bagian lain adalah pertanian perkebunan berorientasi ekspor dan pertambangan (dan industri jasa mendukung mereka), dan didominasi oleh orang Eropa Belanda dan lainnya dan oleh Cina. Meskipun Indonesia kini penting dalam kedua aspek ekonomi dan peran Belanda / Eropa begitu langsung tidak lagi, banyak fitur dari ekonomi ganda tetap, dan bersamaan dengan itu terus etnis dan sosial ketidakpuasan yang muncul dari itu.

Salah satu aspek penting dari perubahan selama Suharto "Orde Baru" rezim (1968-1998) adalah urbanisasi dan produksi industri di Jawa, di mana produksi barang untuk keperluan rumah tangga dan ekspor sangat diperluas. Ketidakseimbangan sebelumnya dalam produksi antara Jawa dan pulau-pulau luar berubah, dan pulau sekarang memainkan peran ekonomi di negara ini lebih dalam proporsi penduduknya. Meskipun pembangunan ekonomi antara 1968 dan 1997 dibantu kebanyakan orang, perbedaan antara kaya dan miskin dan antara daerah perkotaan dan pedesaan melebar, lagi terutama di Jawa. Penurunan berat ekonomi di negara dan daerah setelah tahun 1997, dan ketidakstabilan politik dengan jatuhnya Soeharto, berkurang drastis investasi asing di Indonesia, dan semakin rendah dan menengah kelas, terutama di kota-kota, paling menderita dari resesi ini.

Penguasaan Tanah dan Properti. Pemerintah kolonial mengakui hak-hak tradisional masyarakat adat atas tanah dan properti dan mendirikan semicodified "hukum adat" untuk tujuan ini. Di banyak daerah di Indonesia hak atas tanah lama dipegang oleh kelompok-kelompok seperti klan, komunitas, atau kelompok kerabat. Individu dan keluarga digunakan, tetapi tidak memiliki tanah. Batas tanah milik adat yang mungkin cairan, dan konflik atas penggunaan biasanya diselesaikan oleh aparat desa, meskipun beberapa perselisihan dapat mencapai pejabat pemerintah atau pengadilan. Di kota-kota dan beberapa daerah pedesaan Jawa, hukum Eropa kepemilikan didirikan. Sejak kemerdekaan Indonesia berbagai macam "reformasi tanah" telah menyerukan dan telah bertemu perlawanan politik. Selama rezim Suharto, kelompok kuat ekonomi dan politik dan individu mendapatkan lahan dengan cara kuasi-hukum dan melalui beberapa kekuatan atas nama "pembangunan", tetapi melayani kepentingan monied mereka dalam tanah untuk kayu, agrobisnis, dan peternakan; lokasi bisnis , hotel, dan resort, dan perumahan dan perluasan pabrik. Tanah tersebut sering diperoleh dengan kompensasi minimal untuk pemilik sebelumnya atau penghuni yang memiliki jalur hukum sedikit. Hal yang sama juga dilakukan oleh pemerintah dan masyarakat perusahaan untuk proyek-proyek skala besar seperti bendungan dan waduk, taman industri, dan jalan raya. Terutama rentan adalah orang-orang desa (dan hewan) di kawasan hutan konsesi di mana ekspor kayu diberikan kepada individu yang berkuasa.

Kegiatan komersial. Selama berabad-abad, perdagangan telah dilakukan antara banyak pulau dan di luar perbatasan nasional hadir oleh pedagang untuk berbagai kelompok etnis lokal dan asing. Beberapa masyarakat adat seperti Minangkabau, Bugis, dan Makassar adalah pedagang terkenal, seperti Cina. Bugis kapal berlayar, yang dibangun seluruhnya dengan tangan dan berbagai ukuran dari 30 menjadi 150 ton (27-136 metrik ton), masih membawa barang ke banyak bagian bangsa. Perdagangan antara dataran rendah dan dataran tinggi dan pantai dan daerah pedalaman ditangani oleh ini dan lainnya pedagang kecil dalam sistem pasar yang kompleks Wanita membawa kayu bakar di Flores. Di Indonesia, pria dan wanita berbagi banyak aspek pertanian desa.

melibatkan ratusan ribu laki-laki dan perempuan pedagang dan berbagai bentuk transportasi, dari bahu manusia, kuda, gerobak, dan sepeda, untuk minivan, truk, bus, dan kapal. Islam menyebar di sepanjang jaringan pasar tersebut, dan pedagang Muslim yang menonjol dalam perdagangan skala kecil di mana-mana.

Pada abad XIX dan XX Belanda menggunakan Cina untuk menghubungkan pertanian pedesaan dan perkebunan pribumi ke pasar kota kecil dan ini ke kota-kota besar dan kota-kota di mana dikendalikan perusahaan Cina dan Belanda komersial besar, bank, dan transportasi. Indonesia Jadi Cina menjadi kekuatan utama dalam perekonomian, mengendalikan hari ini diperkirakan 60 persen dari kekayaan bangsa meskipun merupakan hanya sekitar 4 persen dari penduduknya. Sejak kemerdekaan, hal ini telah menyebabkan penekanan etnis Cina, bahasa, pendidikan, dan upacara oleh pemerintah dan kewarganegaraan kelas dua bagi mereka yang memilih untuk menjadi warga negara Indonesia. Wabah periodik kekerasan terhadap orang Cina telah terjadi, khususnya di Jawa. Pedagang kecil Muslim, yang merasa terasing di zaman kolonial dan menyambut perubahan dengan kemandirian, telah frustrasi sebagai Orde Baru bisnis Indonesia, pemerintah, dan elit militer aliansi ditempa dengan Cina atas nama "pembangunan" dan untuk keuntungan keuangan mereka.

Mayor Industries. Industri utama di Indonesia melibatkan agro-bisnis, ekstraksi sumber daya dan ekspor, konstruksi, dan pariwisata, tetapi sektor industri kecil dan menengah telah dikembangkan sejak 1970-an, terutama di Jawa. Ini melayani permintaan domestik untuk barang (dari gelas rumah tangga dan sikat gigi untuk mobil), dan menghasilkan berbagai macam barang berlisensi bagi perusahaan multinasional. Ekstraksi agribisnis dan sumber daya, yang masih memasok Indonesia dengan banyak devisa dan dana operasi domestik, terutama di luar pulau, terutama Sumatera (perkebunan, minyak, gas, dan tambang), Kalimantan (kayu), dan Papua Barat (pertambangan). Sektor industri telah tumbuh di Jawa, khususnya di sekitar Jakarta dan Surabaya dan beberapa kota-kota kecil di pantai utara.

Stratifikasi Sosial

Kelas dan Kasta. Negara aristokrat dan chiefdom hierarkis-memerintahkan adalah fitur banyak masyarakat Indonesia untuk milenium terakhir. Masyarakat tanpa sistem politik seperti itu ada, meskipun sebagian besar memiliki prinsip hirarki. Menyatakan Hindu yang kemudian beralih ke Islam memiliki aristokrasi di bagian atas dan petani dan budak di bagian bawah masyarakat. Princes di ibukota mereka memusatkan kekuatan sekuler dan spiritual dan ritual yang dilakukan untuk kerajaan mereka, dan mereka berperang untuk mata pelajaran, jarahan dan tanah, dan kontrol perdagangan laut. Belanda East India Company menjadi negara berperang dengan benteng sendiri, militer, dan angkatan laut, dan bersekutu dengan negara-negara berjuang dan adat. Pemerintah Hindia Belanda berhasil perusahaan, dan Belanda memerintah beberapa daerah secara langsung dan daerah lain secara tidak langsung melalui pangeran asli. Di beberapa daerah mereka ditambah kekuatan pangeran pribumi dan memperlebar kesenjangan antara bangsawan dan petani. Di Jawa, Belanda ditambah kemegahan pangeran sementara membatasi tanggung jawab otoritas mereka, dan di daerah lain, seperti Sumatera Timur, pemerintah-pemerintah Belanda dan menciptakan garis pangeran untuk kepentingan ekonomi dan politik mereka sendiri.

Secara umum, pangeran menguasai wilayah kelompok etnis mereka sendiri, meskipun beberapa daerah yang multietnis dalam karakter, terutama yang lebih besar di Jawa atau kerajaan pelabuhan di Sumatera dan Kalimantan. Dalam kedua, pangeran Melayu memerintah atas daerah yang terdiri dari berbagai kelompok etnis. Stratified kerajaan dan chiefdom yang bercokol di banyak Jawa, Sunda Kecil Barat dan bagian Timur NTT, Sulawesi Selatan, Maluku bagian, bagian Kalimantan, dan timur dan pantai tenggara Sumatera.

Anggota kelas penguasa memperoleh kekayaan dan anak-anak dari penguasa pribumi dididik di sekolah-sekolah yang membawa mereka dalam kontak dengan rekan-rekan mereka dari bagian lain Nusantara.

Tidak semua masyarakat Indonesia adalah sebagai sosial bertingkat seperti yang Jawa. Masyarakat Minangkabau dipengaruhi oleh pola politik kerajaan, tapi berkembang menjadi sistem politik yang lebih egaliter dalam Surat tanah air Sumatera Barat. Batak dari Sumatera Utara mengembangkan tatanan politik egaliter dan etos menggabungkan loyalitas klan sengit dengan individualitas. Masyarakat dataran tinggi atau hulu di Sulawesi dan Kalimantan juga mengembangkan tatanan sosial yang lebih egaliter, meskipun mereka bisa dihubungkan dengan dunia luar melalui upeti kepada pangeran pesisir.

Simbol Stratifikasi Sosial. Kultur aristokrat Jawa dan kerajaan-kerajaan pesisir Melayu dipengaruhi ditandai oleh isolasi seremonial para pangeran dan bangsawan, upeti oleh petani dan penguasa yang lebih rendah, menghormati wewenang oleh petani, aturan sumptuary menandai off kelas, pemeliharaan dengan aristokrat regalia supranatural kuat, dan budaya seni dan sastra pengadilan tinggi. Orang Belanda pada gilirannya dikelilingi diri dengan beberapa aura yang sama dan aturan-aturan sosial dalam berinteraksi dengan masyarakat pribumi, khususnya selama periode kolonial akhir ketika wanita Eropa datang ke Hindia Belanda dan keluarga didirikan. Di Jawa khususnya, kelas dipisahkan dengan menggunakan tingkat yang berbeda bahasa, judul, dan aturan pernikahan. Budaya pengadilan Aristokrat menjadi teladan perilaku sosial halus kontras dengan perilaku kasar atau mentah dari petani atau non-Jawa. Tipuan dalam komunikasi dan kontrol diri dalam perilaku publik menjadi keunggulan dari orang halus, gagasan yang menyebar luas di masyarakat. Pengadilan juga pusat teladan bagi seni-musik, tari, teater, pedalangan, puisi, dan kerajinan seperti kain batik, perak. Pengadilan utama menjadi Muslim pada abad ketujuh belas, tetapi beberapa praktik Hindu tua filosofis dan artistik terus ada di sana atau dicampur dengan ajaran Islam.

Pada akhir abad kesembilan belas dan awal abad kedua puluh masyarakat yang lebih kompleks dikembangkan di Jawa dan beberapa bagian lain dari Hindia, yang menciptakan permintaan yang lebih besar bagi orang-orang yang terlatih dalam pemerintahan dan perdagangan dari kelas bangsawan dapat memberikan, dan pendidikan diberikan agak lebih luas. Sebuah kelas pejabat pemerintah urban dan profesional dikembangkan yang sering ditiru gaya aristokrasi sebelumnya. Dalam dua dekade setelah kemerdekaan, semua kerajaan kecuali kesultanan Yogyakarta dan Surakarta tersingkir seluruh republik. Namun demikian, perilaku dan pola pikir ditanamkan melalui generasi adat pangeran aturan menghormati otoritas, paternalisme, tidak akuntabilitas dari para pemimpin, kekuatan supernatural, megah menampilkan kekayaan, pemerintahan oleh individu dan dengan kekerasan bukan oleh hukum terus mengerahkan pengaruh mereka di Indonesia masyarakat.

Kehidupan Politik

Pemerintah. Selama tahun 2000, Indonesia berada dalam krisis yang mendalam pemerintah dan berbagai lembaga sedang didesain ulang. UUD 1945 republik ini, bagaimanapun, mandat enam organ negara: Majelis Permusyawaratan Rakyat (Majelis Permusyawaratan Rakyat, atau MPR), presiden, Perwakilan Rakyat Council (Dewan Perwakilan Rakyat, atau DPR), Dewan Pertimbangan Agung ( Dewan Pertimbangan Agung), Badan Pemeriksa Keuangan (Badan Pemeriksa Keuangan), dan Mahkamah Agung (Mahkamah Agung).

Presiden dipilih oleh MPR, yang terdiri dari seribu anggota dari berbagai lapisan masyarakat-petani untuk pengusaha, siswa untuk tentara-yang bertemu sekali setiap lima tahun sekali untuk memilih presiden dan mendukung nya atau rencana lima tahun yang akan datang nya. Wakil presiden dipilih oleh presiden.

DPR bertemu setidaknya sekali setahun dan memiliki lima ratus anggota: empat ratus terpilih dari provinsi, seratus dipilih oleh militer. DPR legislates, tetapi anggaran dasarnya harus disetujui oleh presiden. Mahkamah Agung dapat mendengar kasus dari sekitar tiga ratus pengadilan bawahan dalam provinsi tapi tidak bisa meng-impeach atau memutus konstitusionalitas tindakan oleh cabang lain dari pemerintah.

Pada tahun 1997, bangsa memiliki dua puluh tujuh provinsi ditambah tiga wilayah khusus (Aceh, Yogyakarta, dan Jakarta) dengan berbagai bentuk otonomi dan gubernur mereka sendiri. Timor Timur tidak lagi menjadi provinsi pada tahun 1998, dan beberapa orang lain sedang mencari status provinsi. Gubernur provinsi ditunjuk oleh Kementerian Dalam Negeri dan bertanggung jawab untuk itu. Di bawah dua puluh tujuh daerah adalah 243 kabupaten (kabupaten) dibagi menjadi 3.841 kecamatan (kecamatan), yang para pemimpinnya ditunjuk oleh pemerintah. Ada juga lima puluh lima kota, enam belas kota administratif, dan tiga puluh lima kota administrasi dengan administrasi yang terpisah dari provinsi mana mereka merupakan bagiannya. Di dasar pemerintah beberapa desa 65.000 perkotaan dan pedesaan disebut baik kelurahan atau desa. (Pemimpin mantan diangkat oleh kepala kecamatan, yang terakhir yang dipilih oleh rakyat.) Banyak pejabat yang ditunjuk di semua tingkatan selama Orde Baru adalah militer (atau mantan militer) laki-laki. Provinsi, kabupaten, dan kecamatan pemerintah mengawasi berbagai layanan, kantor fungsional dari birokrasi pemerintah (seperti pertanian, kehutanan, atau pekerjaan umum), namun meluas ke tingkat kabupaten serta jawab langsung dengan pelayanan mereka di Jakarta, yang mempersulit pembuatan kebijakan lokal.

Kepemimpinan dan Pejabat Politik. Selama Orde Baru, partai politik Golkar diberikan kontrol penuh atas janji menteri dan sangat berpengaruh dalam pelayanan sipil yang beranggotakan loyalis nya. Dana disalurkan secara lokal untuk membantu calon Golkar, dan mereka mendominasi badan perwakilan nasional dan regional di sebagian besar negara. The Muslim Partai Persatuan Pembangunan dan Partai Demokrasi Indonesia kekurangan dana tersebut dan pengaruh dan pemimpin mereka lemah dan sering dibagi. Orang-orang biasa berutang sedikit, dan menerima sedikit dari, pihak-pihak tersebut. Setelah jatuhnya Presiden Suharto dan pembukaan sistem politik bagi banyak pihak, banyak orang menjadi terlibat dalam politik, politik, bagaimanapun, terutama melibatkan pemimpin utama. Ikan pengeringan. Kedua air tawar dan memancing laut yang penting bagi perekonomian desa. pihak berebut aliansi dan pengaruh dalam badan perwakilan di tingkat nasional dan provinsi, serta dalam kabinet presiden.

Pelayanan sipil dan militer, lembaga dominan sejak berdirinya republik, yang dibangun di atas lembaga-lembaga dan praktek-praktek kolonial. Rezim Orde Baru meningkat kewenangan pemerintah pusat dengan menunjuk kepala kecamatan dan bahkan desa. Pelayanan pemerintah membawa gaji, keamanan, dan pensiun (namun sederhana mungkin) dan sangat berharga. Karyawan pada tingkat tertentu dalam lembaga-lembaga utama yang beragam seperti departemen pemerintah, perusahaan publik, sekolah dan universitas, museum, rumah sakit, dan koperasi pegawai negeri, dan posisi seperti dalam pelayanan sipil berharga.Keanggotaan membawa prestise yang besar di masa lalu, tapi gengsi yang agak berkurang selama Orde Baru. Ekspansi ekonomi membuat sektor swasta posisi-terutama untuk profesional terlatih-lebih tersedia, lebih menarik, dan jauh lebih menguntungkan. Baik jumlah posisi pegawai negeri sipil atau gaji telah tumbuh comparably.

Interaksi orang biasa dengan pejabat pemerintah melibatkan menghormati (dan sering pembayaran) ke atas dan ke bawah paternalisme. Pejabat, yang kebanyakan tidak dibayar, mengendalikan akses ke hal-hal yang menguntungkan sebagai kontrak konstruksi besar atau sebagai sederhana sebagai izin untuk berada di lingkungan, yang semuanya dapat biaya biaya khusus pemohon. Survei internasional telah dinilai Indonesia sebagai salah satu negara paling korup di dunia. Sebagian besar melibatkan berbagi kekayaan antara orang pribadi dan pejabat, dan Indonesia mencatat bahwa suap telah menjadi dilembagakan. Baik polisi dan peradilan yang lemah dan tunduk pada tekanan yang sama. The tak terkendali manipulasi kontrak dan monopoli oleh anggota keluarga Suharto adalah endapan utama keresahan di kalangan mahasiswa dan orang lain yang membawa jatuhnya presiden.

Masalah Sosial dan Pengendalian. Pada akhir masa kolonial, sistem hukum sekuler dibagi antara pribumi (terutama untuk daerah diatur secara tidak langsung melalui pangeran) dan pemerintah (untuk daerah diatur langsung melalui administrator). Beberapa konstitusi republik antara tahun 1945 dan 1950 divalidasi hukum kolonial yang tidak bertentangan dengan konstitusi, dan mendirikan tiga tingkat pengadilan: pengadilan negara, pengadilan tinggi (banding), dan Mahkamah Agung. Hukum adat masih diakui, namun pangeran asli yang dulunya bertanggung jawab untuk manajemen tidak ada lagi dan posisinya di pengadilan negara tidak pasti.

Indonesia warisan Belanda gagasan "negara berdasarkan hukum" (rechtsstaat di Belanda, negara hukum di Indonesia), tetapi implementasi telah bermasalah dan ideologi menang atas hukum dalam dekade pertama kemerdekaan. Tekanan bagi pembangunan ekonomi dan keuntungan pribadi di masa Orde Baru menyebabkan sistem pengadilan terang-terangan digerogoti oleh uang dan pengaruh. Banyak orang menjadi kecewa dengan sistem hukum, meskipun beberapa pengacara memimpin perang melawan korupsi dan hak asasi manusia, termasuk hak-hak mereka yang terkena dampak berbagai proyek pembangunan. Sebuah komisi HAM nasional dibentuk untuk menyelidiki pelanggaran di Timor Timur dan di tempat lain, tapi sejauh ini memiliki dampak yang relatif kecil.

Satu melihat ketidakpuasan yang sama dari polisi, yang merupakan cabang dari militer sampai akhir Orde Baru. Penekanan besar ditempatkan di atas ketertiban umum di masa Orde Baru, dan organ militer dan polisi digunakan untuk menjaga iklim hati-hati dan ketakutan di kalangan bukan hanya pelanggar hukum tetapi juga di kalangan warga biasa, wartawan, pembangkang, pendukung tenaga kerja, dan lain-lain yang dipandang sebagai subversif. Pembunuhan di luar hukum dari tersangka kejahatan dan lain-lain yang disponsori oleh militer di beberapa daerah perkotaan dan pedesaan, dan pembunuhan terhadap aktivis HAM, khususnya di Aceh, lanjutkan. Media, sekarang bebas setelah parah kontrol Orde Baru, mampu melaporkan setiap hari pada peristiwa tersebut. Pada 1999 - 2000, serangan main hakim sendiri terhadap bahkan dicurigai pelanggar hukum yang menjadi umum di kota-kota dan beberapa daerah pedesaan, seperti peningkatan kejahatan kekerasan. Peracikan iklim gangguan nasional adalah kekerasan di kalangan pengungsi di Timor Barat, pembunuhan sektarian antara Muslim dan Kristen di Sulawesi dan Maluku, dan kekerasan separatis di Aceh dan Papua, dalam semua yang, unsur polisi dan militer terlihat untuk berpartisipasi, bahkan mengobarkan, bukan mengendalikan.

Di desa-desa banyak masalah yang tidak pernah dilaporkan ke polisi namun masih diselesaikan oleh kesepakatan adat dan saling lokal dimediasi oleh pemimpin yang diakui. Pemukiman adat seringkali satu-satunya cara yang digunakan, tetapi juga dapat digunakan sebagai resor pertama sebelum banding ke pengadilan atau sebagai upaya terakhir oleh berperkara tidak puas dari pengadilan negara. Di daerah multietnis, perselisihan antara anggota kelompok etnis yang berbeda dapat diselesaikan oleh para pemimpin dari salah satu atau kedua kelompok, oleh pengadilan, atau dengan perseteruan. Di banyak daerah dengan populasi yang menetap, penyelesaian adat dihormati selama pengadilan satu, dan banyak daerah pedesaan havens damai. Adat setempat sering didasarkan pada keadilan restoratif, dan memenjarakan penjahat dapat dianggap tidak adil karena menghilangkan mereka dari pengawasan dan kontrol dari sanak saudara dan tetangga mereka dan dari bekerja untuk mengkompensasi orang dirugikan atau menjadi korban. Dimana ada mobilitas penduduk besar, terutama di kota-kota, bentuk kontrol sosial yang jauh lebih layak dan, karena sistem hukum tidak efektif, main hakim sendiri menjadi lebih umum.

Kegiatan militer. Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Angkatan Bersenjata Republik Indonesia, atau ABRI) terdiri dari tentara (sekitar 214,000 personil), angkatan laut (sekitar 40.000), angkatan udara (hampir 20.000), dan, sampai saat ini, polisi negara (hampir 171.000). Selain itu, hampir tiga juta warga sipil dilatih dalam kelompok pertahanan sipil, unit mahasiswa, dan satuan keamanan lainnya. Kekuatan utama, tentara, didirikan dan dipimpin oleh anggota Kerajaan Hindia Belanda Angkatan Darat dan / atau disponsori Jepang Tanah Pembela. Banyak tentara pada awalnya berasal dari yang terakhir, tetapi banyak relawan yang ditambahkan setelah kiri Jepang. Beberapa milisi lokal dipimpin oleh orang-orang dengan pengalaman militer sedikit, tapi keberhasilan mereka dalam perang kemerdekaan membuat mereka di pahlawan lokal setidaknya. Tentara mengalami perubahan-perubahan setelah kemerdekaan sebagai pejabat kolonial mantan dipimpin dalam mengubah gerilya-band dan pasukan provinsi menjadi tentara modern yang terpusat, dengan struktur nasional perintah, pendidikan, dan pelatihan.

Dari awal angkatan bersenjata mengakui fungsi ganda sebagai kekuatan pertahanan dan keamanan dan sebagai salah satu sosial dan politik, dengan struktur teritorial (berbeda dari satuan tempur) yang sejajar dengan pemerintahan sipil dari tingkat provinsi ke kabupaten, kecamatan, dan desa bahkan . Jenderal Suharto berkuasa sebagai pemimpin tentara antikomunis dan nasionalis, dan ia membuat militer kekuatan utama di balik Orde Baru. Keamanan dan fungsi sosial dan politik telah menyertakan memantau perkembangan sosial dan politik di tingkat nasional dan daerah; penyediaan aparatur departemen pemerintah yang penting dan perusahaan negara, menyensor media dan pembangkang pemantauan, menempatkan personil di desa-desa untuk belajar tentang keprihatinan lokal dan membantu dalam pembangunan, dan mengisi blok yang bertugas di lembaga perwakilan. Militer memiliki atau menguasai ratusan bisnis dan perusahaan negara yang menyediakan sekitar tiga-perempat dari anggaran, maka kesulitan bagi seorang presiden sipil yang ingin melakukan kontrol atas hal itu. Selain itu, pejabat militer dan sipil yang kuat memberikan perlindungan dan dukungan untuk bisnis-orang dalam pertukaran untuk saham keuntungan dan pendanaan politik China.

Kesejahteraan Sosial dan Program Perubahan

Tanggung jawab untuk program kesejahteraan sosial yang paling kesehatan masyarakat formal dan terletak terutama dengan pemerintah dan hanya sekunder dengan organisasi swasta dan agama. Dari tahun 1970 sampai 1990, investasi yang cukup besar dibuat di jalan dan di pusat kesehatan di daerah pedesaan dan perkotaan, tetapi infrastruktur dasar masih kurang di banyak daerah. Limbah dan pembuangan limbah masih miskin di daerah perkotaan, dan polusi mempengaruhi kanal dan sungai, terutama di daerah-daerah industri baru seperti Jawa Barat. Program kesejahteraan untuk menguntungkan orang miskin yang minimal dibandingkan dengan kebutuhan, dan kegiatan pembangunan ekonomi pedesaan sederhana dibandingkan di kota. Yang terbesar dan paling sukses usaha, program keluarga berencana nasional, digunakan baik instansi pemerintah maupun swasta untuk sangat mengurangi laju pertambahan penduduk di Jawa dan daerah lainnya. Transmigrasi, gerakan masyarakat terorganisasi dari pedesaan Jawa ke daerah luar pulau yang kurang penduduknya di Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua Barat, dimulai oleh Belanda di awal abad kedua puluh dan dilanjutkan dengan penuh semangat oleh pemerintah Indonesia. Hal ini menyebabkan perkembangan pertanian dari banyak daerah luar pulau namun sedikit mengurangi tekanan penduduk di Jawa, dan telah menyebabkan masalah ekologi dan konflik etnis dan sosial antara transmigran dan penduduk setempat.

Organisasi non pemerintah dan Organisasi Lain

Meskipun dominasi pemerintah di berbagai bidang aksi sosial, lembaga swadaya masyarakat (LSM) memiliki sejarah yang kaya, meskipun mereka sering memiliki dana terbatas, telah dioperasikan di bawah pengendalian pemerintah, dan telah terbatas dalam banyak kegiatan mereka ke daerah perkotaan. Mereka telah bertugas di bidang-bidang seperti agama, keluarga berencana, pendidikan, bantuan kesehatan dan saling pedesaan, bantuan hukum, hak-hak pekerja, filantropi, kepentingan daerah atau etnis, sastra dan seni, dan organisasi Muslim dan Kristen ekologi dan konservasi telah aktif di bidang pendidikan dan kesehatan masyarakat sejak awal abad kedua puluh. Agama, organisasi filantropi, dan nasional dan internasional asing telah mendukung upaya kesejahteraan oleh pemerintah dan LSM, meskipun sebagian LSM homegrown. Sifat otoriter Orde Baru menimbulkan ketegangan antara pemerintah dan LSM di berbagai bidang seperti bantuan hukum, hak-hak pekerja, dan konservasi, dan pemerintah berusaha untuk mengkooptasi beberapa organisasi tersebut. Juga, dukungan asing bagi LSM menimbulkan ketegangan antara berbagai pemerintah, bahkan pembatalan bantuan, ketika dukungan yang dipandang sebagai bermotif politik. Dengan runtuhnya rezim Orde Baru dan tekanan untuk reformasi sejak tahun 1998, LSM lebih aktif dalam melayani berbagai konstituen, meskipun gangguan ekonomi selama periode yang sama telah tegang sumber daya mereka.

Peran Gender dan Status

Divisi Tenaga Kerja Menurut Jenis Kelamin. Wanita dan pria berbagi dalam banyak aspek pertanian desa, meskipun membajak lebih sering dilakukan oleh laki-laki dan kelompok panen hanya terdiri dari perempuan yang biasa terlihat. Mendapatkan pekerjaan yang dilakukan adalah yang utama. Kebun dan kebun dapat dihadiri oleh kedua jenis kelamin, walaupun laki-laki lebih sering terjadi pada kebun. Pria mendominasi dalam berburu dan memancing, yang mungkin membawa mereka pergi untuk jangka panjang. Jika orang mencari kerja jangka panjang di luar desa, perempuan cenderung untuk semua aspek bertani dan berkebun. Perempuan ditemukan dalam angkatan kerja perkotaan di toko-toko, industri kecil, dan pasar, serta dalam bisnis kelas atas, tapi hampir selalu dalam jumlah lebih sedikit dibandingkan laki-laki. Banyak guru sekolah dasar adalah perempuan, tetapi guru di sekolah menengah dan perguruan tinggi dan universitas yang lebih sering laki-laki, meskipun jumlah siswa laki-laki dan perempuan mungkin mirip. Pria mendominasi di semua tingkat pemerintah, pusat dan daerah, meskipun perempuan ditemukan dalam berbagai posisi dan telah ada seorang menteri kabinet perempuan.


Seorang wanita menyajikan makanan di kios pasar. Perkotaan perempuan Indonesia sering menemukan pekerjaan di pasar.

Wakil presiden, Megawati Soekarnoputri, seorang wanita, adalah calon presiden, meskipun reputasinya berasal terutama dari ayahnya, Soekarno, presiden pertama. Dia ditentang oleh banyak pemimpin Muslim karena gender, tapi dia punya terbesar populer berikut dalam pemilu legislatif nasional 1999.

Status Relatif Perempuan dan Pria. Padahal Indonesia adalah negara Muslim, status perempuan umumnya dianggap tinggi oleh pengamat luar, meskipun posisi dan hak-hak mereka bervariasi dalam kelompok etnis yang berbeda, bahkan yang Muslim. Hampir di mana-mana, ideologi gender Indonesia menekankan laki-laki sebagai pemimpin masyarakat, pengambil keputusan, dan mediator dengan dunia luar, sementara perempuan adalah tulang punggung rumah dan nilai-nilai keluarga.

Pernikahan, Keluarga, dan Kekerabatan

Pernikahan. Orang di Indonesia memperoleh status orang dewasa penuh melalui pernikahan dan orang tua. Di Indonesia, kita tidak bertanya, "Apakah dia (atau dia) menikah?," Tetapi "Apakah dia (atau dia) menikah belum?," Yang respon yang benar adalah, "Ya" atau "Belum." Bahkan homoseksual berada di bawah tekanan keluarga besar untuk menikah. Masyarakat tertentu di Sumatera dan Indonesia Timur praktek affinal aliansi, di mana pernikahan tersebut diatur antara orang-orang di klan patrilineal tertentu atau garis keturunan yang berhubungan sedekat atau jauh cross-sepupu. Dalam masyarakat ini hubungan antara istri-istri memberi dan mengambil-klan atau garis keturunan sangat penting bagi struktur masyarakat dan melibatkan kewajiban seumur hidup untuk pertukaran barang dan jasa antara kerabat. Batak adalah contoh Sumatera menonjol dari orang-orang tersebut. Keanggotaan Clan dan aliansi pernikahan antara klan yang penting bagi orang Batak apakah mereka tinggal di tanah air gunung atau bermigrasi ke kota-kota jauh. Pernikahan mereka melanggengkan hubungan antara garis keturunan atau klan, meskipun keinginan individu dan cinta antara orang-orang muda dapat dipertimbangkan oleh keluarga dan sanak saudara mereka, seperti pendidikan mungkin, pekerjaan, dan kekayaan di antara kaum urban.

Dalam masyarakat tanpa kelompok keturunan lineal, cinta lebih menonjol dalam memimpin orang untuk menikah, tapi sekali lagi pendidikan, pekerjaan, atau kekayaan di kota, atau kapasitas untuk bekerja keras, menjadi penyedia yang baik, dan memiliki akses ke sumber daya di desa, juga dipertimbangkan. Di antara orang Jawa atau Bugis, misalnya, semakin tinggi status sosial keluarga, semakin besar kemungkinan orang tua dan kerabat lainnya akan mengatur pernikahan (atau hubungan potensial veto). Dalam sebagian besar masyarakat Indonesia, pernikahan dipandang sebagai salah satu sarana penting untuk memajukan status sosial individu atau keluarga (atau kehilangan).

Perceraian dan pernikahan kembali praktek yang beragam. Di kalangan umat Islam mereka diatur oleh hukum Islam dan dapat diselesaikan di pengadilan Islam, atau sebagai dengan non-Muslim, mereka dapat diselesaikan di pengadilan sipil pemerintah. Inisiasi perceraian dan permukiman yang nikmat laki-laki di kalangan Muslim dan juga di banyak masyarakat tradisional. Perceraian dan pernikahan kembali dapat ditangani oleh sesepuh setempat atau pejabat menurut hukum adat, dan syarat untuk permukiman tersebut dapat bervariasi menurut kelompok etnis. Secara umum, masyarakat dengan kelompok-kelompok keturunan yang kuat, seperti Batak, menjauhkan diri dari perceraian dan sangat jarang. Masyarakat tersebut juga dapat berlatih turun ranjang, (janda menikahi saudara atau sepupu dari pasangan almarhum mereka). Dalam masyarakat tanpa kelompok keturunan, seperti Jawa, perceraian jauh lebih umum dan dapat dimulai oleh salah satu pasangan. Menikah juga mudah. Jawa yang bukan anggota dari kelas atas yang dilaporkan memiliki tingkat perceraian tinggi, sementara perceraian di kalangan kelas atas dan kaya Jawa jarang.

Poligami diakui di kalangan umat Islam, beberapa orang Cina imigran, dan beberapa masyarakat tradisional, tetapi tidak oleh orang Kristen. Pernikahan tersebut mungkin sedikit jumlahnya. Pernikahan antara anggota kelompok etnis yang berbeda juga jarang, meskipun mereka mungkin meningkat di daerah perkotaan dan di antara yang berpendidikan lebih baik.

Satuan domestik. Keluarga inti dari suami, istri, dan anak-anak adalah unit domestik paling luas, meskipun orang tua dan saudara yang belum menikah dapat ditambahkan ke dalam berbagai masyarakat dan di berbagai kali. Unit ini dalam negeri adalah sebagai umum di antara orang-orang desa sebagai salah urban, dan juga berhubungan dengan ada atau tidak adanya klan dalam masyarakat. Pengecualian adalah tradisional, pedesaan matrilineal Minangkabau, untuk siapa unit domestik masih terdiri betina coresident sekitar nenek (atau ibu) dengan putri menikah dan tidak menikah dan anak-anak di sebuah rumah tradisional yang besar. Suami hanya datang sebagai pengunjung ke perapian istri mereka dan kamar tidur di rumah. Beberapa masyarakat, seperti Karo Sumatera atau Dayak di Kalimantan, tinggal di rumah-rumah besar dengan beberapa tungku dan bedchambers milik unit keluarga inti terkait atau bahkan tidak berhubungan (atau panjang).

Warisan. Pola Warisan yang beragam bahkan dalam masyarakat tunggal. Warisan Muslim nikmat laki-laki atas perempuan seperti melakukan kebiasaan banyak masyarakat tradisional (pengecualian menjadi yang matrilineal di mana hak-hak atas tanah, misalnya, diturunkan antara perempuan). Sengketa warisan, mirip dengan perceraian, dapat ditangani di pengadilan muslim, pengadilan sipil, atau cara-cara adat desa. Kustom umumnya nikmat laki-laki, namun praktek yang sebenarnya sering memberikan wanita warisan. Dalam banyak masyarakat, ada perbedaan antara properti yang diwariskan atau diperoleh, mantan ditularkan di klan atau keluarga garis, yang terakhir pergi ke anak-anak atau istri dari almarhum. Divisi tersebut juga dapat diakui pada perceraian. Di banyak daerah tanah milik komunal dari kelompok kerabat atau lokal, sedangkan barang-barang rumah tangga, barang-barang pribadi, atau peralatan produktif keluarga atau harta diwariskan individu. Di beberapa tempat pohon ekonomi, seperti karet, mungkin milik pribadi, sedangkan lahan padi milik adat. Dengan perubahan kondisi ekonomi, ide-ide baru tentang properti, dan meningkatnya permintaan untuk uang, peraturan dan praktik yang terkait dengan warisan berubah, yang dapat menghasilkan konflik bahwa sistem hukum tidak terorganisir dan para pemimpin adat lemah tidak dapat dengan mudah mengelola.

Kin Grup. Banyak kelompok etnis di Indonesia memiliki pengelompokan kekerabatan yang kuat berdasarkan patrilineal, matrilineal, atau keturunan bilateral. Masyarakat tersebut terutama di Sumatera, Kalimantan, Maluku, Sulawesi, dan Nusa Tenggara Timur. Keturunan patrilineal adalah yang paling umum, meskipun matriliny ditemukan dalam beberapa masyarakat, seperti Minangkabau Sumatera Barat dan selatan bahasa Tetun dari Timor Barat. Beberapa masyarakat di Kalimantan dan Sulawesi, serta Jawa, memiliki sistem kekerabatan bilateral.

Kekerabatan adalah kesetiaan primordial di seluruh Indonesia. Memenuhi kewajiban kepada kerabat dapat menjadi beban yang berat, tetapi memberikan dukungan penting dalam berbagai aspek kehidupan. Pemerintah atau organisasi lainnya tidak memberikan jaminan sosial, asuransi pengangguran, perawatan usia lanjut, atau bantuan hukum. Keluarga, kekerabatan diperpanjang, dan klan yang memberikan bantuan tersebut, seperti melakukan hubungan patron-klien dan aliansi antara rekan-rekan. Berkorelasi dengan peran-peran penting dari keluarga dan kerabat adalah praktek keluarga dan etnis patrimonialisme, nepotisme, patronase, dan paternalisme di sektor swasta dan pelayanan pemerintah.

Sosialisasi

Pemeliharaan Anak dan Pendidikan. Dalam sistem pendidikan pemerintah, umumnya, kuantitas telah menang atas kualitas. Fasilitas tetap memadai dan gaji tetap sangat rendah sehingga banyak guru harus mengambil pekerjaan tambahan untuk mendukung keluarga mereka.

Pendidikan Tinggi Pemerintah kolonial sangat terbatas dalam pendidikan Belanda dan Bahasa-bahasa setempat, dan orang-orang terutama dilatih untuk layanan sipil dan profesi industri dan kesehatan.. Pada saat kemerdekaan tahun 1950, republik punya sedikit sekolah atau fakultas universitas. Pendidikan massal menjadi prioritas utama pemerintah selama lima dekade mendatang. Saat ini banyak orang Indonesia telah mendapatkan gelar lanjutan di luar negeri dan sebagian besar telah kembali untuk melayani negara mereka. Dalam upaya ini pemerintah telah menerima dukungan dari Bank Dunia, lembaga PBB, pemerintah asing, dan yayasan swasta. Semakin banyak orang yang lebih berpendidikan melayani pada semua tingkatan dalam pemerintah nasional dan daerah, dan sektor swasta telah diuntungkan besar dari upaya ini pendidikan. Sekolah swasta Muslim dan Kristen dasar dan menengah, universitas dan lembaga, yang ditemukan di kota-kota besar dan pedesaan, menggabungkan pelajaran sekuler dan pendidikan agama.

Pendidikan tinggi telah menderita dari sistem berbasis kuliah, laboratorium miskin, kekurangan buku pelajaran yang memadai di Indonesia, dan buruknya tingkat kemahiran bahasa Inggris, yang membuat banyak siswa dari menggunakan buku asing seperti yang tersedia. Penelitian di perguruan tinggi terbatas dan terutama melayani proyek pemerintah atau perusahaan swasta dan memungkinkan peneliti untuk menambah penghasilan mereka.

Dari akhir 1970-an melalui l990s, sekolah dan universitas swasta meningkat dalam jumlah dan kualitas dan disajikan siswa beragam (termasuk Tionghoa yang tidak diterima di universitas pemerintah). Banyak program studi lembaga-lembaga 'yang diajarkan di sore dan malam hari oleh anggota fakultas dari universitas pemerintah yang dibayar layak untuk usaha mereka.

Pemerintah kolonial pendidikan yang terbatas ke jumlah yang dibutuhkan untuk mengisi posisi dalam pelayanan sipil dan masyarakat saat itu. Pendidikan massa Indonesia, dengan filosofi yang berbeda, memiliki efek menghasilkan lebih banyak lulusan dari ada pekerjaan yang tersedia, bahkan di saat ekonomi yang kuat.Kerusuhan terjadi antara massa dari pelamar kerja yang berusaha untuk tetap berada di kota-kota, tetapi tidak menemukan posisi sepadan dengan pandangan mereka tentang diri mereka sebagai lulusan.

Siswa telah aktivis politik dari 1920 hingga saat ini. Rezim Orde Baru melakukan upaya besar untuk memperluas kesempatan pendidikan sementara juga mempengaruhi kurikulum, mengendalikan kegiatan siswa, dan menunjuk anggota fakultas liat untuk posisi administrasi. Kampus baru Universitas Indonesia dekat Jakarta, dan Universitas Hasanuddin Makassar dekat, misalnya, dibangun jauh dari lokasi mereka sebelumnya di pusat kota ini, untuk mengekang mobilisasi dan berbaris.

Etiket

Ketika naik bus Jakarta, berjuang di banyak kantor pos, atau masuk ke pertandingan sepak bola, salah satu mungkin berpikir bahwa Indonesia hanya memiliki push-dan-mendorong etiket. Dan dalam becak atau pasar, tawar-menawar selalu menunda tindakan. Anak-anak mungkin berulang kali berteriak "Belanda, Belanda" (Barat putih) di Eropa, atau pemuda berteriak, "Hei, Pak." Di beberapa tempat seorang wanita muda berjalan atau bersepeda saja mengalami pelecehan oleh laki-laki muda. Tapi perilaku publik berlawanan dengan etika pribadi. Dalam rumah Indonesia, salah satu bergabung dalam pidato tenang dan menikmati olok-olok lucu dan sering tertawa. Orang duduk dengan baik dengan kaki di lantai dan kaki uncrossed sementara tamu, laki-laki, dan orang tua diberi tempat duduk terbaik dan hormat. Emosi yang kuat dan gerakan cepat atau tiba-tiba wajah, lengan, atau badan dihindari sebelum tamu. Minuman dan makanan ringan harus dilayani, namun tidak segera, dan ketika disajikan, tamu harus menunggu untuk diundang untuk minum. Kesabaran dihargai, menampilkan keserakahan dihindari, dan satu mungkin akan ditawari makanan mewah oleh host yang meminta maaf atas ketidakmampuan nya.

Apakah melayani teh untuk tamu, melewati uang setelah tawar-menawar di pasar, atau membayar petugas untuk prangko di kantor pos, hanya tangan kanan digunakan untuk memberikan atau menerima, mengikuti adat Muslim. (Tangan kiri disediakan untuk fungsi toilet.) Tamu akan disajikan dengan membungkuk sedikit, dan orang tua yang disahkan oleh yunior dengan busur. Jabat tangan sesuai antara laki-laki, tapi dengan sentuhan lembut (dan antara Muslim dengan tangan kemudian menyentuh ringan jantung). Sampai seseorang memiliki hubungan yang sangat intim dengan yang lain, perasaan negatif seperti cemburu, iri hati, kesedihan, dan kemarahan harus disembunyikan dari orang itu. Konfrontasi harus dipenuhi dengan senyum dan sikap tenang, dan kontak mata langsung harus dihindari, terutama dengan atasan sosial. Ketepatan waktu tidak berharga-Indonesia berbicara tentang "jam karet"-dan dapat dianggap tidak sopan. Buku panduan yang baik memperingatkan, bagaimanapun, bahwa Indonesia dapat berharap Barat tepat waktu! Di depan umum, jenis kelamin berlawanan jarang terlihat bergandengan tangan (kecuali mungkin di mall Jakarta), sementara teman-teman laki-laki atau perempuan dari jenis kelamin yang sama melakukan berpegangan tangan.

Kerapian di grooming berharga, baik di bus panas ramai atau di sebuah festival. PNS memakai seragam rapi untuk bekerja, seperti halnya anak-anak sekolah dan guru.

Orang Jawa menekankan perbedaan antara halus (Halus) dan kasar (Kasar) perilaku, dan anak-anak muda yang belum belajar perilaku halus dalam pidato, sikap, sikap, dan perilaku umum dianggap "belum Jawa." Perbedaan ini dapat diperluas ke orang lain yang budaya perilaku yang benar tidak dianggap tepat oleh orang Jawa. Batak, misalnya, dapat dianggap mentah karena mereka umumnya menghargai keterusterangannya dalam pidato dan sikap dan dapat argumentatif dalam hubungan interpersonal. Dan istri seorang pria Batak dianggap menjadi istri saudara laki-lakinya (meskipun tidak secara seksual), yang seorang perempuan Jawa mungkin tidak menerima. Bugis tidak menghormati orang-orang yang tersenyum dan menarik dalam menghadapi tantangan, sebagai orang Jawa cenderung melakukan, mereka menghormati mereka yang membela kehormatan mereka bahkan keras, terutama kehormatan perempuan mereka. Jadi konflik antara Jawa dan lain-lain karena masalah etika dan perilaku adalah mungkin. Seorang istri Jawa seorang pria Batak mungkin tidak bereaksi ramah kepada saudaranya mengunjungi mengharapkan untuk dilayani dan untuk memiliki binatu nya dilakukan tanpa berkat, seorang anak muda Jawa mungkin tersenyum dan menyapa sopan seorang gadis Bugis muda, yang dapat menarik kemarahan (dan mungkin pisau ) kakaknya atau sepupu, PNS Batak mungkin dress down bawahan Jawanya publik (dalam kasus ini kedua orang Batak dan Jawa kehilangan muka di mata orang Jawa). Batak yang bermigrasi ke kota-kota di Jawa mengorganisir pelajaran malam untuk menginstruksikan pendatang baru dalam perilaku yang tepat dengan mayoritas Jawa dan Sunda dengan siapa mereka akan tinggal dan bekerja. Potensi konflik antaretnis telah meningkat selama dekade terakhir karena lebih banyak orang dari Jawa yang bertransmigrasi ke pulau-pulau terluar, dan lebih banyak orang dari luar pulau pindah ke Jawa.

Agama

Keyakinan agama. Indonesia memiliki penduduk Muslim terbesar bangsa apapun, dan pada tahun 1990 penduduk dilaporkan 87 persen Muslim. Ada minoritas Kristen terdidik dan berpengaruh (sekitar 9,6 persen dari populasi pada tahun 1990), dengan sekitar dua kali lebih banyak Protestan Katolik. Orang Bali masih mengikuti bentuk agama Hindu. Kultus mistik mapan di kalangan elit Jawa dan kelas menengah, dan anggota dari banyak kelompok etnis masih mengikuti sistem kepercayaan tradisional. Secara resmi pemerintah mengakui agama (Agama) untuk memasukkan Islam, Kristen, Hindu, dan Budha, sedangkan sistem keyakinan lain disebut hanya itu, keyakinan (kepercayaan). Mereka yang memegang keyakinan tunduk pada konversi, pengikut agama tidak. Kepercayaan pada roh leluhur, roh beragam macam tempat, dan relik kuat ditemukan di antara kedua petani dan orang-orang terdidik dan di antara banyak pengikut agama-agama dunia, sihir dan ilmu sihir juga memiliki percaya dan praktisi mereka. Rezim kolonial memiliki hubungan yang tidak nyaman dengan Islam, sebagaimana pemerintah Indonesia. Yang pertama dari Pancasila meninggikan Allah (tuhan), tapi tidak dengan nama Allah. Pembangkang ingin menjadikan Indonesia sebagai negara Islam, tetapi mereka belum menang.

Para Jawa adalah mayoritas Muslim, meskipun banyak yang Katolik atau Protestan, dan banyak etnis China di Jawa dan di tempat lain beragama Kristen, terutama Protestan. Orang Jawa dicatat untuk kepatuhan kurang ketat terhadap Islam dan orientasi yang lebih besar untuk agama Jawa, campuran Islam dan keyakinan Hindu dan animisme sebelumnya. Orang Sunda Jawa Barat, sebaliknya, adalah tekun Muslim. Lainnya mencatat masyarakat Muslim adalah Aceh Sumatera Utara, Indonesia pertama yang menjadi Muslim, orang Minangkabau, meskipun matriliny mereka, para Banjar Kalimantan Selatan, Bugis dan Makassar, Sulawesi Selatan, yang Sumbawans dari Kepulauan Sunda Kecil, dan orang-orang Ternate dan Tidor di Maluku.

Belanda berusaha untuk menghindari konflik bergaya Eropa antara Protestan dan Katolik dengan menetapkan daerah tertentu untuk konversi oleh masing-masing dari mereka. Jadi hari ini Batak Sumatera, Dayak di Kalimantan, Toraja dan Menado Sulawesi, dan Ambon Maluku adalah Protestan, masyarakat Flores dan Tetun dari Timor Barat adalah Katolik.

Praktisi agama. Islam di Indonesia dari berbagai Sunni, dengan sedikit kepemimpinan hirarkis. Dua organisasi besar Islam, Nahdatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah, keduanya didirikan di Jawa, telah memainkan peran penting dalam pendidikan, perjuangan nasionalis, dan politik setelah kemerdekaan. Rezim Orde Baru hanya diperbolehkan satu kelompok politik besar Muslim, yang memiliki sedikit kekuasaan, tetapi setelah jatuhnya Presiden Soeharto, banyak pihak (Islam dan lain-lain) muncul, dan kedua organisasi terus memainkan peran penting dalam pemilu. Pemimpin NU, Abdurrahman Wahid (yang kakeknya mendirikannya), berkampanye berhasil dan menjadi presiden negara itu, lawan, Amien Rais, Ketua Muhammadiyah, menjadi Ketua DPR. Selama masa transisi ini, kekuatan toleransi ditantang oleh mereka yang menginginkan Indonesia menjadi negara Islam. Hasil dari konflik yang tidak pasti.

Hubungan Muslim-Kristen telah tegang sejak zaman kolonial. Pemerintah Belanda tidak menyebarkan agama, tapi itu memungkinkan misi Kristen untuk mengubah bebas di kalangan non-Muslim. Ketika orang-orang Kristen dan Muslim dipisahkan di pulau-pulau yang berbeda atau di berbagai daerah, hubungan yang damai. Sejak 1970-an, bagaimanapun, gerakan besar orang-khususnya umat Islam dari Jawa, Sulawesi, dan sebagian Maluku ke daerah yang sebelumnya Kristen di Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papua Barat telah menyebabkan perubahan demografi agama dan ketidakseimbangan dalam ekonomi, etnis , dan kekuasaan politik. Akhir rezim Orde Baru telah menyebabkan uncapping ketegangan dan kekerasan besar di tempat-tempat seperti Ambon (ibukota Provinsi Maluku), pulau-pulau Maluku, dan Sulawesi. Hilangnya wewenang oleh komandan atas pasukan Muslim dan Kristen di pulau terluar yang berperan. Kristen umumnya menutup diri dan menghindari politik nasional. Mereka kekurangan organisasi massa atau pemimpin sebanding dengan yang Muslim, tetapi jumlah yang tidak proporsional Kristen telah memegang posisi sipil, militer, intelektual, dan bisnis yang penting (akibat dari penekanan pada pendidikan Kristen modern); sekolah menengah Kristen dan universitas yang menonjol dan telah mendidik anak-anak elit (termasuk non-Kristen), dan Desa hidup sering didikte oleh didirikan kesepakatan adat dan saling menguntungkan dengan pemimpin yang diakui.

dua surat kabar nasional besar, Kompas dan Suara Pembaruan, yang asal Katolik dan Protestan, masing-masing. Beberapa Muslim tidak senang dengan fakta-fakta, dan Kristen secara historis tercemar di mata mereka melalui asosiasi dengan para misionaris Belanda dan asing dan fakta bahwa Cina Indonesia adalah Kristen terkemuka.

Selama Orde Baru, mereka yang tidak memiliki agama dicurigai sebagai komunis, sehingga ada terburu-buru untuk konversi di banyak daerah, termasuk Jawa, yang mendapatkan banyak orang Kristen baru. Pengikut kepercayaan tradisional etnis berada di bawah tekanan juga. Di tempat-tempat seperti Kalimantan dan Sulawesi interior, beberapa orang dan kelompok dikonversi ke salah satu agama dunia, tetapi yang lain mencari pengakuan pemerintah agama tradisional direorganisasi melalui politisasi baik regional maupun nasional. Di antara orang Dayak Ngaju, misalnya, sistem kepercayaan tradisional, Kaharingan, memperoleh penerimaan resmi dalam kategori Hindu-Buddha, meskipun tidak. Orang-orang yang mengikuti keyakinan dan praktik tradisional sering dipandang rendah sebagai primitif, tidak rasional, dan mundur oleh para pemimpin sipil dan militer perkotaan yang Muslim atau Kristen-tetapi kelompok ini membentuk jenis baru organisasi, meniru sekuler perkotaan, untuk meningkatkan dukungan. Langkah tersebut mewakili baik agama dan etnis ketahanan terhadap tekanan dari luar, dari tetangga kelompok Muslim atau Kristen, dan dari pemerintah eksploitatif dan perwira militer atau pengembang luar industri kayu dan pertambangan. Di Jawa, kelompok mistik, seperti Subud, juga melobi untuk pengakuan dan perlindungan resmi. Posisi mereka lebih kuat dari orang-orang desa karena mereka memiliki pengikut di tempat-tempat tinggi, termasuk presiden.

Ritual dan Tempat Kudus. Muslim dan Kristen mengikuti liburan utama agama mereka, dan di Makassar, misalnya, lampu hias yang sama yang tersisa untuk merayakan kedua Idul Fitri dan Natal. Kalender nasional daftar liburan Muslim dan Kristen serta yang Hindu-Buddha. Di banyak tempat, orang dari satu agama mengakui agama lain liburan dengan kunjungan atau hadiah. Masjid dan gereja memiliki fitur yang sama ditemukan di tempat lain di dunia, tetapi candi Bali sangat istimewa. Sementara pusat untuk komunikasi spiritual dengan dewa-dewi Hindu, mereka juga mengontrol aliran air untuk irigasi kompleks Bali melalui kalender ritual mereka.

Mayor ritual tahunan Muslim Ramadhan (bulan puasa), Idul Fitri (akhir puasa), dan haji (haji). Indonesia setiap tahunnya menyediakan jumlah terbesar peziarah ke Mekah. Ziarah kecil di Indonesia juga dapat dilakukan untuk Pekerja memanen padi di sawah bertingkat di pulau Bali.

Kuburan orang-orang kudus, yang diyakini telah membawa Islam ke Indonesia, Sunan Kalijaga yang paling terkenal.

Ritual sistem kepercayaan tradisional menandai peristiwa-siklus hidup atau melibatkan pendamaian untuk acara-acara tertentu dan dipimpin oleh dukun, roh media, atau master doa (pria atau wanita). Bahkan di daerah Muslim dan Kristen, beberapa orang mungkin melakukan ritual pada saat lahir atau kematian yang bersifat tradisional, kehormatan dan roh pakan tempat atau makam leluhur, atau menggunakan praktisi ilmu sihir atau countermagic. Perdebatan apa yang atau tidak diijinkan custom oleh pengikut agama sering terjadi di Indonesia. Di antara Sa'dan Toraja dari Sulawesi, pengorbanan rumit kerbau di pemakaman telah menjadi bagian dari sirkuit wisata internasional, dan konversi adat setempat untuk turis dapat dilihat di bagian lain Indonesia, seperti di Bali atau Pulau Samosir di Sumatera Utara.

Kematian dan Alam Baka. Dipercaya secara luas bahwa almarhum dapat mempengaruhi hidup dalam berbagai cara, dan pemakaman berfungsi untuk memastikan bagian yang tepat dari semangat untuk afterworld, meskipun pemakaman masih dianggap tempat tinggal yang berpotensi berbahaya bagi hantu. Di Jawa orang mati dapat dihormati oleh upacara keluarga sederhana yang diselenggarakan pada Kamis malam. Di kalangan umat Islam, penguburan harus terjadi dalam dua puluh empat jam dan dihadiri oleh officiants Muslim, pemakaman Kristen juga dipimpin oleh seorang pemimpin gereja setempat. Kedua memisahkan tempat pemakaman. Di daerah Jawa dan lainnya mungkin ada ritual sekunder untuk menjamin kesejahteraan jiwa dan melindungi hidup. Pemakaman, seperti pernikahan, panggilan untuk kumpul keluarga terdekat, tetangga, dan teman-teman, dan di antara banyak kelompok etnis status sosial dapat diekspresikan melalui elaborateness atau kesederhanaan pemakaman. Dalam masyarakat berbasis klan, pemakaman adalah kesempatan untuk pertukaran hadiah antara istri-istri memberi dan mengambil-kelompok. Dalam masyarakat seperti perwakilan dari kelompok-istri memberi biasanya bertanggung jawab untuk melakukan pemakaman dan untuk memimpin peti mati ke kuburan.

Kebiasaan pemakaman bervariasi. Pemakaman yang paling umum, kecuali Hindu Bali dimana kremasi adalah norma. The Sa'dan Toraja dicatat untuk membuat patung kayu besar dari almarhum, yang ditempatkan di ceruk di tebing batu terjal untuk menjaga makam. Di masa lalu, orang Batak membuat batu sarkofagus untuk mati menonjol. Praktik ini berhenti dengan Kristenisasi, tetapi dalam beberapa dekade terakhir, makmur perkotaan Batak telah membangun sarkofagus batu besar di kampung halaman mereka untuk menghormati orang mati dan membangun kembali koneksi terputus dinyatakan oleh migrasi.

Kedokteran dan Kesehatan

Kesehatan masyarakat modern dimulai oleh Belanda untuk melindungi pekerja perkebunan. Ini diperluas untuk rumah sakit dan pusat kebidanan di kota-kota dan beberapa fasilitas kesehatan pedesaan. Selama Orde Baru kesehatan masyarakat dan keluarga berencana menjadi prioritas bagi daerah pedesaan dan sekitar tujuh ribu puskesmas dan 20.500 puskesmas pembantu dibangun pada tahun 1995. Dalam fakultas kedokteran Jakarta ada di sejumlah universitas provinsi. Pelatihan sering terhambat oleh miskin fasilitas, dan penelitian medis terbatas karena dokter mengajar juga menjaga praktek swasta untuk melayani kebutuhan perkotaan dan menambah gaji sedikit. Dokter dan fasilitas kesehatan pemerintah terkonsentrasi pada kota-kota besar, dan rumah sakit swasta juga terletak di sana, beberapa didirikan oleh misi Kristen atau yayasan Muslim. Banyak daerah desa di Jawa, dan terutama di pulau-pulau terluar, memiliki perawatan primer sedikit di luar imunisasi, kunjungan ibu dan bayi, dan keluarga berencana, meskipun ini memiliki dampak penting terhadap kondisi kesehatan.

Obat tradisional masih hidup di seluruh nusantara. Curers Jawa yang disebut dukun berurusan dengan berbagai penyakit fisik, emosional, dan spiritual asal melalui kombinasi cara herbal dan magis. Di Sumatera utara, beberapa curers etnis spesialis, misalnya, Karo bonesetters memiliki banyak klinik. Obat-obatan herbal dan tonik disebut jamu keduanya rumah dicampur dan diproduksi massal. Merek Komersial tonik dan obat-obatan lainnya yang dijual di seluruh nusantara, dan kendaraan tonik penjual 'dapat dilihat di tempat-tempat terpencil.

Berbagai bentuk penyembuhan spiritual yang dilakukan oleh dukun, media, dan curers lainnya di daerah perkotaan dan pedesaan. Banyak orang percaya bahwa ritual atau sosial salah langkah dapat menyebabkan kemalangan, yang meliputi penyakit. Dukun mendiagnosis sumber dan berurusan dengan masalah, beberapa menggunakan ilmu hitam. Bugis waria penyembuh melayani rumah tangga aristokrat dan biasa dalam menangani kemalangan, sering kian dimiliki untuk berkomunikasi dengan sumber kemalangan. Di Bali, dokter yang terlatih dalam pengobatan modern juga dapat berlatih penyembuhan berorientasi semangat. Tuduhan sihir dan serangan terhadap dugaan ahli-ahli sihir yang tidak biasa di banyak daerah dan yang paling bertanggung jawab untuk muncul pada saat kerusuhan sosial, ekonomi, dan politik.

Perayaan Sekuler

Perayaan nasional paling penting adalah Hari Kemerdekaan, 17 Agustus yang ditandai dengan parade dan menampilkan di Jakarta dan provinsi dan ibu kota kabupaten. Perayaan Provinsi dapat memiliki rasa budaya atau sejarah lokal. Pemuda sering menonjol. Hari Kartini, 21 April emancipationist wanita pertama kehormatan di Indonesia, sekolah dan organisasi perempuan menyelenggarakan kegiatan hari itu. Militer juga memiliki perayaannya. Tahun Baru dirayakan 1 Januari ketika pameran bisnis dekat dan lokal dengan kembang api yang diadakan di beberapa tempat. Tarian gaya Barat yang diselenggarakan di hotel di kota.Perayaan publik oleh Cina Tahun Baru mereka tidak diperbolehkan selama beberapa dekade, tetapi aturan ini dicabut pada tahun 1999 dan naga lagi menari di jalanan. Sebelumnya itu dirayakan hanya di rumah, meskipun bisnis melakukan dekat dan selama dua hari hiruk-pikuk lalu lintas Jakarta terhenti. Perayaan lokal mengakui foundings kota, peristiwa sejarah dan tokoh, atau pahlawan (beberapa nasional, daerah lain), sementara yang lain menandai acara khusus, seperti banteng balap di Madura dan istana prosesi di Yogyakarta atau Surakarta. Tentang Bali hari kalender lunar Tahun Baru dirayakan dengan puasa, doa, keheningan, dan aktivitas. Semua orang (termasuk wisatawan) harus tetap di dalam ruangan dan tanpa lampu sehingga roh berbahaya akan berpikir Bali kosong dan akan meninggalkan.

Seni dan Humaniora

Dukungan untuk Seni. Di masa lalu di Jawa dan Bali, pengadilan kerajaan atau orang kaya adalah pelanggan utama dari seni. Mereka melanjutkan dukungan mereka, tapi lembaga lain bergabung dengan mereka. Belanda mendirikan Masyarakat Batavia untuk Seni dan Ilmu Pengetahuan pada tahun 1778, yang mendirikan Museum Nasional yang terus menampilkan artefak dari budaya nasional. Belanda mendirikan Arsip Nasional berusaha untuk melestarikan warisan sastra, meskipun pendanaan miskin dan bahaya cuaca tropis dan serangga. Selama beberapa dekade terakhir, museum budaya regional dibangun dengan dana dari pemerintah pusat dan propinsi dan beberapa bantuan asing. Pelestarian seni dan kerajinan tradisi dan objek, seperti arsitektur rumah, batik dan tie-dye tenun, ukiran kayu, perak dan emas bekerja, patung, wayang, dan keranjang, berada di bawah ancaman dari seni internasional dan pasar kerajinan, tuntutan lokal untuk kas, dan mengubah nilai-nilai adat.

Sebuah sekolah untuk guru seni, didirikan pada tahun 1947, didirikan pada tahun 1951 menjadi Institut Teknologi Bandung; Academy of Fine Arts didirikan di Yogyakarta pada tahun 1950, dan Jakarta Institut Seni Pendidikan dimulai pada tahun 1968. Akademi telah sejak didirikan di tempat lain, seni merupakan bagian dari berbagai universitas dan lembaga pelatihan guru, dan sekolah swasta untuk musik dan tari telah didirikan. Galeri pribadi untuk pelukis dan desainer batik sangat banyak di Yogyakarta dan Jakarta. Akademi dan lembaga mempertahankan kesenian tradisional serta mengembangkan bentuk-bentuk baru teater, musik, dan tari.

Sastra. Warisan sastra Indonesia meliputi sawit berusia berabad-abad, bambu, dan manuskrip serat lainnya dari beberapa orang terpelajar, seperti Melayu, Jawa, Bali, Bugis, Rejang, dan Batak. The Nagarakertagama abad keempat belas adalah puisi panjang memuji Raja Hayam Wuruk dan menggambarkan kehidupan sosial dan struktur kerajaannya, Majapahit. I La Galigo dari Bugis, yang menelusuri petualangan pahlawan budaya mereka, Sawerigading, adalah salah satu puisi epik terpanjang di dunia.

Pada zaman kolonial beberapa literatur diterbitkan dalam bahasa daerah, yang paling berada di Jawa, tapi ini dihentikan setelah kemerdekaan Indonesia. Awal resmi penerbit untuk sastra Indonesia adalah Balai Pustaka, didirikan di Batavia pada tahun 1917. Kebudayaan nasional diungkapkan dan, dalam beberapa hal terbentuk, melalui lisan Melayu-Indonesia (dipahami oleh banyak orang) dan surat kabar, pamflet, puisi, novel, dan cerita pendek bagi mereka yang bisa membaca. Pada masa kemerdekaan, produksi sastra tidak besar, tetapi telah berkembang jauh sejak 1950-an. Tradisi sastra sekarang kaya, tetapi harus dicatat bahwa membaca untuk kesenangan atau pencerahan belum menjadi bagian dari budaya Indonesia rata-rata perkotaan dan memainkan sedikit jika ada bagian dalam kehidupan masyarakat desa. Indonesia telah melek huruf dan pendidikan dasar luas upaya besar bangsa, namun di banyak bagian pedesaan keaksaraan fungsional negara yang terbatas. Bagi siswa untuk memiliki banyak buku tidak umum, perguruan tinggi masih berorientasi pada catatan kuliah daripada membaca siswa, dan perpustakaan buruk ditebar.

Dalam konflik antara kiri dan sayap kanan politik 1950-an dan awal 1960-an, organisasi penulis ditarik ke medan. Dalam antikomunis pembersihan dari akhir 1960-an, beberapa penulis yang telah berpartisipasi dalam organisasi sayap kiri dipenjara. Yang paling terkenal adalah Pramoedya Ananta Toer, seorang nasionalis yang juga telah dipenjarakan oleh Belanda 1947-1949. Ia terdiri buku sebagai cerita-cerita kepada sesama tahanan di pengasingan di Pulau Buru 1965-1979. Dia dibebaskan dari Buru dan menetap di Jakarta, tetapi tetap di bawah tahanan kota. Empat dari novelnya, Kuartet Buru, yang diterbitkan antara tahun 1980 dan 1988 di Indonesia, merupakan film dokumenter yang kaya kehidupan pada gilirannya-of-the-abad kolonial Jawa. Mereka dilarang di Indonesia selama Orde Baru. Pram (karena ia dikenal, berima dengan Tom) menerima PEN Freedom-to-Write Award pada 1988 dan Penghargaan Magsaysay tahun 1995. Dalam terjemahan bahasa Inggris, Kuartet Buru menerima pujian kritis, dan setelah berakhirnya Orde Baru pada tahun 1999, Pram membuat tur dari Amerika Serikat. Dia adalah satu-satunya novelis Indonesia telah mendapat pengakuan seperti di luar negeri.

Seni Grafis. Batu patung dari berbagai Hindu rumit di Jawa atau sarkofagus hiasan Sumatera adalah peninggalan arkeologis nilai, tetapi hanya di Bali adalah batu ukiran rumit masih dilakukan (terlepas dari apa yang mungkin menghiasi beberapa rumah Jakarta kelas atas atau bangunan umum). Ukiran kayu lebih umum. Pondok ukiran industri Bali menemukan pasar domestik dan internasional yang luas untuk patung nya orang, dewa, dan hewan, banyak yang halus artistik, beberapa basi. Mungkin ukiran yang paling umum adalah di industri mebel perkotaan, terutama di Jawa, di mana sofa hiasan ukiran dan kursi sangat populer.Boneka atau hewan ukiran tradisional dari gunung Batak Sumatera atau Dayak Hulu Kalimantan sekarang terutama untuk wisatawan, meskipun mereka pernah menunjukkan kesenian yang kaya (sekarang sebagian besar terlihat di museum). Rumah Toraja masih berukir, dan contoh-contoh kecil dari ukiran ini dijual kepada wisatawan. Toraja mengukir hiasan pada tabung bambu besar yang digunakan untuk membawa tuak atau beras, dan orang-orang di kawasan timur Indonesia menghias tabung bambu kecil yang membawa kapur yang digunakan dalam mengunyah sirih. Di antara seniman urban kontemporer, lukisan di atas kanvas atau membuat batik yang jauh lebih umum daripada membuat patung.

Tekstil Indonesia menjadi lebih banyak dikenal di luar negeri. Batik adalah kata Jawa untuk "dot" atau "gambar titik-titik"; ikat, kata Melayu-Indonesia untuk "mengikat," adalah jenis kain yang dasi-dicelup sebelum menenun. Tekstil batik dibuat di pengadilan kerajaan dan cottage, tetapi juga menjadi industri komersial utama di Jawa dan Bali, sebuah industri yang telah mengalami perubahan-perubahan ekonomi selama beberapa dekade. Kain batik sangat bervariasi dalam kesenian, elaborasi, kualitas, dan biaya. Acara-acara resmi mengharuskan perempuan Jawa, Sunda dan Bali memakai seluruh kain dibungkus hiasan untuk membentuk rok. Pria saat melakukannya hanya pada pernikahan mereka (atau jika mereka berada di pengadilan kerajaan atau pemain gamelan, tari, atau teater). Lengan panjang kemeja batik sekarang diterima memakai sosial formal untuk pria dari berbagai latar belakang etnis, meskipun pakaian formal untuk pria juga mencakup seragam PNS, kemeja dan dasi, atau pakaian Barat.

. Seni seni pertunjukan Kinerja yang beragam dan meliputi: Jawa dan Bali gong-berpadu orkestra (gamelan) dan bermain bayangan (wayang), orkestra bambu Sunda (angklung), musik orkestra Muslim di acara-acara keluarga atau perayaan Lebaran, tarian trance (reog) dari Jawa timur, tari barong dramatis atau tarian monyet bagi wisatawan di Bali, wayang Batak tarian, kuda tarian wayang Sumatera selatan, Roti penyanyi dengan lontar daun mandolin, dan tarian untuk ritual dan siklus hidup peristiwa yang dilakukan oleh banyak terluar di Indonesia kelompok etnis pulau. Semua seni seperti menggunakan kostum yang diproduksi indigenously dan alat musik, dimana kostum barong Bali dan logam dari orkestra gamelan yang paling kompleks. Terbaik dikenal di Indonesia adalah Jawa dan Bali wayang teater berdasarkan Ramayana epik, dengan dalang yang brilian (dalang) yang mungkin memanipulasi lebih dari seratus boneka di sepanjang malam pertunjukan lisan disertai dengan gamelan. Bali terkenal karena keragaman seni kinerjanya. Terlepas dari kenyataan bahwa Bali menarik pengunjung dari seluruh dunia, dan kelompok-kelompok yang melakukan di luar negeri, sebagian besar pemain Bali desa untuk siapa seni melengkapi pertanian.

Kontemporer (dan sebagian Barat yang dipengaruhi) teater, tari, dan musik yang paling meriah di Jakarta dan Yogyakarta, tetapi kurang umum di tempat lain. Jakarta Taman Ismail Marzuki, pusat nasional untuk seni, memiliki empat teater, studio tari, ruang pameran, studio kecil, dan tempat tinggal untuk administrator. Teater kontemporer (dan kadang-kadang teater tradisional juga) memiliki sejarah aktivisme politik, membawa pesan tentang tokoh politik dan peristiwa yang mungkin tidak beredar di publik. Selama Orde Baru, penyair dan dramawan telah bekerja dilarang, di antaranya WS Rendra yang memainkan tidak diperbolehkan di Jakarta. Ada tradisi Jawa panjang penyair sebagai "suara di angin," seorang kritikus wewenang.

Negara Ilmu Fisik dan Sosial

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah membentuk bagian dari rencana lima tahun di Indonesia dan diarahkan baik ilmu dasar dan teknologi terapan, dengan penekanan pada yang terakhir. Kesehatan, pertanian dan peternakan, pertahanan, ilmu fisika, dan teknologi terapan memiliki prioritas. The Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia memiliki kantor pusat dan perpustakaan utama di Jakarta. Tugasnya adalah mengawasi dan mendorong penelitian di berbagai bidang, untuk mengkoordinasikan antar lembaga, dan untuk memberikan saran pada ilmu pengetahuan nasional dan kebijakan teknologi. Hal ini juga menyetujui penelitian oleh para sarjana asing. Pusat di Indonesia besar penelitian ilmiah pelatihan adalah Institut Teknologi, Bandung, dan Institut Pertanian, di Bogor, didirikan pada masa kolonial, yang menarik lulusan sekolah menengah atas.

Di antara ilmu-ilmu sosial, ekonomi telah menerima perhatian terbesar sejak 1950-an ketika Ford Foundation meluncurkan program utama untuk melatih ekonom luar negeri. Ini yang disebut teknokrat naik menjadi penting selama dekade awal Orde Baru dan kebijakan ekonomi dibentuk selama periode pertumbuhan negara, dari 1970-an sampai 1990-an. Ilmu sosial termasuk dalam mandat nasional sebagian besar karena mereka berkontribusi untuk mendukung kegiatan pembangunan. Bidang seperti ilmu politik dan sosiologi yang diterima jauh lebih sedikit perhatian selama Orde Baru, karena potensi mereka untuk, dan keterlibatan aktual, kritik sosial dan politik.

Bibliografi

Abdullah, Taufik, dan Sharon Siddique, eds. Islam dan Masyarakat di Asia Tenggara, 1987.
. Abeyasekere, Susan Jakarta: A History, 1987.
. Alisyahbana, S. Takdir Indonesia: Revolusi Sosial dan Budaya, 1966.
Anderson, Benedict R. O'G Bahasa dan Power:. Menjelajahi Budaya Politik di Indonesia, 1990.
. Bellwood, Peter, James J. Fox, dan Darrell Tryon, eds The Austronesia: Sejarah dan Perbandingan Perspektif, 1995.
. Boomgaard, Peter Anak Negara Kolonial: Pertumbuhan Populasi dan Pembangunan Ekonomi di Jawa, 1795 - 1880, 1989.
Brenner, Suzanne April The Domestikasi Desire: Wanita, Kekayaan, dan Modernitas di Jawa, 1998..
Bresnan, John Mengelola Indonesia:. The Modern Ekonomi Politik, 1993.
Buchori, Mochtar Sketsa Masyarakat Indonesia:. A Look dari Dalam, 1994.
Covarrubias, Miguel. Pulau Bali, 1937.
Cribb, Robert. Historical Dictionary of Indonesia, 1992.
Cunningham, Clark E. "Merayakan Batak Toba Pahlawan Nasional:. Sebuah Ritus Indonesia Identitas" Di Susan D. Russell dan Clark E. Cunningham, eds., Mengubah Hidup, Mengubah Ritus, 1989.
-. "Indonesia." Dalam David Levinson dan Melvin Ember, eds., Budaya Imigran Amerika, 1997.
Dalton, Bill. Indonesia Handbook, 6th ed., 1995.
. Emmerson, Donald K., ed Indonesia di luar Soeharto: Polity, Ekonomi, Masyarakat, Transisi, 1999.
Fontein, Januari The Sculpture of Indonesia, 1990.
Fox, James J. Panen Palm: Perubahan Ekologis di Indonesia Timur, 1977.
Furnivall, JS Colonial Policy and Practice: Sebuah Studi Perbandingan Burma dan India Belanda, 1948.
Geertz, Clifford The Religion of Java, 1976..
- Involusi Pertanian:. Proses Perubahan Ekologis di Indonesia, 1970.
. - Negara: The State Theatre di Nineteenth-Century Bali, 1980.
Geertz, Hildred The Family Jawa:. Sebuah studi kekerabatan dan sosialisasi, 1961.
-. "Budaya Indonesia dan Komunitas." Dalam Ruth T. McVey, ed., Indonesia, 1963.
Geertz, Hildred, dan Clifford Geertz. Kekerabatan di Bali, 1975.
Gillow, John. Tradisional Tekstil Indonesia, 1992.
Grant, Bruce Indonesia, 3rd ed.., 1996.
Hefner, Robert W., dan Patricia Horvatich, eds. Islam dalam Era Bangsa-Serikat, 1997.
Hoskins, Janet. "Para Headhunter sebagai Pahlawan Lokal:. Tradisi dan Reinterpretasi mereka dalam Sejarah Nasional" Amerika etnolog 14 (4): 605-622, 1987.
Josselin de Jong, PD de, ed. Bhinneka Tunggal Ika Indonesia sebagai Bidang Studi Antropologi, 1984.
Kahin, George Mc T. Nasionalisme dan Revolusi di Indonesia, 1952.
Kartodirdjo, Sartono. Modern Indonesia Tradisi dan Transformasi, 1984.
Kayam, Umar The Soul of Indonesia: Sebuah perjalanan budaya, 1985..
Keeler, Ward Jawa Bayangan Puppets., 1992.
Kipp, Rita Smith, dan Susan Rodgers, eds Agama Indonesia. Dalam Transisi, 1987.
Koentjaraningrat Pengantar Masyarakat dan Budaya Indonesia dan Malaysia, 1975..
- Budaya Jawa, 1985..
-. ed. Desa di Indonesia, 1967.
Kwik, Greta. "Indos." Dalam David Levinson dan Melvin Ember, eds., Budaya Imigran Amerika, 1997.
Lev, Daniel, S. dan Ruth McVey, eds. Pembuatan Indonesia Essays on Indonesia Modern di Honor George McT. Kahin, 1996.
. Levinson, David, dan Melvin Ember, eds Amerika Budaya Imigran: Pembangun Bangsa, 1997.
Liddle, R. William. Kepemimpinan dan Budaya Politik Indonesia, 1996.
Loveard, Suharto Keith:. Sultan terakhir di Indonesia, 1999.
Lubis, Mochtar. Dilema Indonesia, 1983.
McVey, Ruth T., ed. Indonesia, 1963.
Miksic, John Borobudur:. Tales Golden Buddha, 1990.
Mulder, Niels individu. Dan Masyarakat di Jawa, 1989.
- Di dalam Masyarakat Indonesia:. Sebuah Interpretasi Perubahan Budaya di Jawa, 1994.
Peacock, James L. Gerakan Muhammadiyah dalam Islam Indonesia, 1978.
Pemberton, John. Pada Subjek "Jawa," 1994.
Ricklefs, MC Sejarah Indonesia Modern sejak c. 1300, 2nd ed., 1993.
Russell, Susan D., dan Clark E. Cunningham, eds Mengubah Hidup, Mengubah Ritus:. Ritual dan Dinamika Sosial di Filipina dan Dataran tinggi Indonesia, 1989.
Schwarz, Adam A Nation in Waiting:. Indonesia pada 1990-an, 1994.
Siegel, James T. Solo pada masa Orde Baru: Bahasa dan Hirarki di Kota Indonesia, 1986.
. Sumarsam Gamelan: Interaksi Budaya dan Pengembangan Musik di Jawa Tengah, 1995.
Suryadinata, Leo, ed. Etnis Cina sebagai Asia Tenggara, 1997.
Taylor, Paul Michael, ed Tradisi Fragile:. Seni Indonesia di Jeopardy, 1994.
- Dan Lorraine V. Aragon Luar Laut Jawa: Art of Islands Luar di Indonesia, 1991..
Toer, Pramoedya Ananta The Buru Quartet: Bumi Manusia, 1982; Anak Semua Bangsa, 1982; Footsteps, 1990, House of Glass, 1992..
Walean, Sam A., ed Buku. Indonesia Tahun, 1996-1997, 1998.
Waterson, Roxana The Living House:. Sebuah Antropologi Arsitektur di Asia Tenggara, 1990.
Watson, CW Of Diri dan Bangsa: Otobiografi dan Representasi Modern Indonesia, 2000.
Wiener, Margaret J. Terlihat dan Tak Terlihat Alam: Power, Sihir, dan Kolonial Conquest di Bali, 1995.
Williams, Walter L. Lives Jawa: Perempuan dan Laki-laki dalam Masyarakat Indonesia Modern, 1991.
Wolters, OW Sejarah, Budaya, dan Daerah dalam Perspektif Asia Tenggara, 1982, rev. ed., 1999.
Woodward, Mark R. Islam di Jawa: Kesalehan Normatif dan Tasawuf di Kesultanan Yogyakarta, 1989.
-C LARK E. C UNNINGHAM

Post a Comment

0 Comments