Gmail Drive | Media Penyimpanan Online


Gmail memang memiliki banyak kelebihan dibanding email provider yang lain. selain space yang besar (pasti sudah tau kan? 2.8 GB!) Gmail memiliki beberapa kelebihan dan fitur2 lainnya. 

Gmail dapat diakses dengan sangat cepat, karena menggunakan skrip khusus racikan ahli2 di google, sehingga akses ketika membuka halaman gmail terasa sangat cepat. selain itu gmail juga menyediakan fasilitas chat dan conversation untuk email yang saling berbalasan, dan yang paling penting bersih dari iklan (hanya ada iklan baris), tidak ada banner dan tanpa “signature” iklan layanan di akhir email.

Yang saya sebutkan diatas itu adalah fitur2 dasar dari gmail, tapi tahukah teman-teman kalau account gmail dapat dimanfaatkan sebagai online storage raksasa? dan yang penting tetap GRATIS. sebelumnya saya akan jelaskan secara singkat apa itu online storage, kurang lebih seperti ini: Online storage ialah semacam harddisk online yang dapat diakses kapan saja dan dimana saja selama masih ada koneksi internet, namun biasanya provider penyedia layanan online storage menarik biaya alias berbayar bagi konsumen/klien layanan mereka. data yang tersimpan di online storage tadi dapat di kelola layaknya di harddisk sendiri, seperti copy, paste, cut, membuat folder, dll. untuk mengelolanya sendiri bisa dari web based interface yang disediakan atau menggunakan program FTP.

nah terus bagaimana dengan gmail sendiri? seperti kita ketahui, gmail sebenarnya ialah layanan email gratis yang sangat handal dan tangguh dari google dengan space yang sangat besar, yaitu 2.8 GB dan terus bertambah besar setiap harinya. akan tetapi untuk menjadikan gmail sebagai online storage, kita dapat menggunakannya namun dengan cara yang agak “menyimpang”. karena fungsi aslinya sebagai email maka kita tidak akan menemukan fungsi2 pengelolaan file disana, untuk melakukannya kita memerlukan sebuah program kecil add-on (shell extension) untuk windows bernama gmail drive. setelah di install di Windows, akan muncul sebuah storage device baru di My Computer bernama “Gmail Drive”. Drive ini sebenarnya adalah drive virtual dari space yang diberikan oleh account gmail, sehingga gmail drive memanfaatkan space yang tersedia sebagai drive online.

Dengan drive online ini kita bisa mengelola file selayaknya di harddisk lokal, seperti copy, paste, cut, properties bahkan mendukung drag n drop. apabila kita membuka drive ini dari explorer, akan tampak list file seperti layaknya file atau folder di komputer kita, namun apabila kita buka langsung lewat browser ke account kita, maka file2 tadi akan muncul di inbox sebagai message baru dengan subject prefix “GMAILFS:” dan file yang di upload dimasukan sebagai attachment. Keren kan..??

Ada teman teman yang ingin mencoba silahkan download dulu Gmail Drive disini






Post a Comment

0 Comments